Tesis

Status hidrasi dan hubungannya dengan asupan cairan dan aktivitas fisik pada kelompok usia lanjut di rumah binaan lansia Atmabrata Cilincing Jakarta Utara = Hydration Status Associated with Fluid Intake and Physical Activity in the Elderly in Atmabrata nursing home Cilincing North Jakarta.

Status hidrasi dipengaruhi oleh banyak faktor termasuk usia. Perubahan fisiologis yang terjadi pada lansia yaitu penurunan sensasi rasa haus, penurunan sekresi aldosteron, dan penurunan fungsi luhur dapat menyebabkan peningkatan risiko dehidrasi pada lansia. Penelitian analitik observasional dengan metode potong lintang telah dilakukan di rumah binaan lansia Atmabrata, Cilincing Jakarta Utara, dengan tujuan untuk menilai status hidrasi pada lansia dan faktor-faktor yang berhubungan yaitu asupan cairan dan aktivitas fisik. Lima puluh sembilan subjek berhasil menyelesaikan protokol penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 27,1% lansia mengalami dehidrasi dengan menggunakan indikator berat jenis urin dan 49,2% lansia tidak terhidrasi dengan baik dengan menggunakan indikator warna urin. Rerata asupan cairan subjek adalah 1327,97 ± 407,75 mL, dan terdapat 72,9% subjek dengan aktivitas fisik rendah. Tidak terdapat hubungan antara status hidrasi dengan asupan cairan (p>0,05), dan sebaliknya terdapat hubungan yang bermakna antara berat jenis urin dengan tingkat aktivitas fisik (p 0.05). There was significant association between urine specific gravity status and level physical activity (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2015
Pengarang

Cut Hafiah Halidha Nilanda - Nama Orang
Saptawati Bardosono - Nama Orang
Parlindungan Siregar - Nama Orang

No. Panggil
T 15 303 FK
Penerbit
Jakarta : Program Studi Magister Ilmu Gizi.,
Deskripsi Fisik
xiv, 84 hlm.; 20 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T15303FKT15303FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Status hidrasi dan hubungannya dengan asupan cairan dan aktivitas fisik pada kelompok usia lanjut di rumah binaan lansia Atmabrata Cilincing Jakarta Utara = Hydration Status Associated with Fluid Intake and Physical Activity in the Elderly in Atmabrata nursing home Cilincing North Jakarta.

Related Collection